Apa itu Perempuan??

Pengertian perempuan secara etimologis berasal dari kata empu yang berarti “tuan”, yaitu orang yang mahir atau berkuasa, kepala, hulu, yang paling besar. Namun menurut Zaitunah Subhan (2004:19) kata perempuan berasal dari kata empu yang artinya dihargai. Lebih lanjut Zaitunah menjelaskan pergeseran istilah dari perempuan ke wanita. Kata wanita dianggap berasal dari bahasa Sansekerta, dengan dasar kata Wan yang berarti nafsu, sehingga kata wanita mempunyai arti yang dinafsui atau merupakan objek seks. 

Tetapi dalam bahasa Inggris wan ditulis dengan kata want, atau men dalam bahasa Belanda, wun dan schen dalam bahasa Jerman. Kata tersebut mempunyai arti like, wish, desire, aim. Kata want dalam bahasa Inggris bentuk lampaunya adalah wanted (dibutuhkan atau dicari). Jadi, wanita adalah who is being wanted (seseorang yang dibutuhkan) yaitu seseorang yang diingini. Para ilmuwan seperti Plato, mengatakan bahwa perempuan ditinjau dari segi kekuatan fisik maupun spiritual dan mental lebih lemah dari laki-laki, tetapi perbedaan tersebut tidak menyebabkan adanya perbedaan dalam bakatnya. 

Sedangkan gambaran tentang perempuan menurut pandangan yang didasarkan pada kajian medis, psikologis dan sosial, terbagi atas dua faktor, yaitu faktor fisik dan psikis. Secara biologis dari segi fisik, perempuan dibedakan atas dasar fisik perempuan yang lebih kecil dari laki-laki, suaranya lebih halus, perkembangan tubuh perempuan terjadi lebih dini, kekuatan perempuan tidak sekuat laki-laki dan sebagainya. Dari segi psikis, perempuan mempunyai sikap pembawaan yang kalem, perasaan perempuan lebih cepat menangis dan bahkan pingsan apabila menghadapi persoalan berat (Muthahari, 1995:110). Menurut Kartini Kartono (1989:4), perbedaan fisiologis yang dialami sejak lahir pada umumnya kemudian diperkuat oleh struktur kebudayaan yang ada, khususnya oleh adat istiadat, sistem sosial-ekonomi serta pengaruh pendidikan. 

Kalangan feminis dalam konsep gendernya mengatakan, bahwa perbedaan suatu sifat yang melekat baik pada kaum laki-laki maupun perempuan hanya sebagai bentuk stereotipe gender. Misalnya, perempuan itu dikenal lemah lembut, penuh kasih sayang, anggun, cantik, sopan, emosional, keibuan dan perlu perlindungan. Sementara laki-laki dianggap kuat, keras, rasional, jantan, perkasa, galak dan melindungi. Padahal sifat-sifat tersebut merupakan sifat yang dapat dipertukarkan. Berangkat dari asumsi inilah kemudian muncul berbagai ketimpangan diantara laki-laki dan perempuan. 

Kesimpulannya adalah perempuan adalah gender manusia yang secara fisik lebih lemah dari gender laki-laki, dikenal sebagai gender yang lemah lembut, penuh kasih sayang, anggun, cantik, sopan, emosional, keibuan dan perlu perlindungan serta merupakan sosok yang dibutuhkan oleh gender laki-laki.

Menurut sebagian besar orang sifat-sifat tersebut (gender) merupakan sifat yang dapat dipertukarkan. Dari asumsi itulah kemudian muncul berbagai ketimpangan diantara laki-laki dan perempuan. Dimana ada ada pihak pro terkait pertukan sifat gender dan sebaliknya kontra.

Oleh karena itu penulis ingin menyarankan kalian untuk membaca artikel jurnal yang berjudul Perempuan dan Pembangunan. Kenapa?? Karena artikel tersebut sangat bagua untuk kalian baca dan jadikan referensi untuk kalian yang ingin melakukan penelitian khusunya terkait kesetaraan gender. Penulis pun nerasakan manfaatnnya setelah menbaca artikel jurnal tersebut, maka dari itu penulis ingin sharing informasi kepada kalian.

"Barangsiapa yang menyebarkan 1 (satu) ilmu dariku (kepada orang lain), maka Allah akan memberikan kepadanya 10 (sepuluh) ilmu yang belum diketahuinya” (H.R; Baihaqi)


Berikut adalah sekilas informasi dalam artikel jurnal tersebut :

Hampir dalam semua kebudayaan di dunia posisi perempuan tidak boleh sebaik posisi pria, perempuan menempati posisi di belakang. Dikotomi pembagian kerja perempuan di wilayah domestik dan laki-laki di wilayah publik, seringkali di warnai ketidak setaraan gender.

Untul lebih lengkapnya kalian bisa kunjungin link di bawah ini :

Share This :

4 Comments

  1. Waww terimakasihhh.. sangat bermanfaat :))

    BalasHapus
  2. Mantappu jiwa :)

    BalasHapus
  3. Happy Tuesday para member setia ANAPOKER, oke gengs kali ini kami mau memberikan info promo terbaru kami yaitu PROMO AJAK TEMAN 10% DENGAN APLIKASI OVO, jadi untuk kalian yang mau mencoba bermain dan mengajak teman kalian semua kalian bisa mengajak sekarang juga dan dapatkan bonus nya serta kemenangannya hanya bersama ANAPOKER selaku agen poker online ternbaik Se-Indonesia, daftarkan teman anda sekarang juga dan mainkan permainan seru yang ada di dalam agen kami, *JOIN WITH FRIEND AND TAKE YOUR BONUS :D .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:

    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga :) :D

    BalasHapus

Posting Komentar