Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh. Semoga pembaca semua sehat selalu dan berada dalam limpahan rahmat Allah SWT. Kali ini penulis hadir dalam tema yang berbeda, yaitu "learn". Pada tema ini penulis berniat membagikan informasi terkait ilmu perpustakaan. Informasi tersebut berasal dari Al-Maktabah, merupakan Jurnal Komunikasi dan Informasi Perpustakaan. Mungkin sebagian di antara kalian dan khususnya mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan di UIN Jakarta pasti sudah mengenal jurnal tersebut. Edisi terbaru dari jurnal ini adalah edisi atau volume 16 tahun 2017. AL-MAKTABAH (ISSN: 0125-9334) merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal ini secara khusus menampilkan artikel-artikel yang berkaitan dengan ilmu perpustakaan, dokumentasi dan informasi, kearsipan serta kepustakawanan. Al-maktabah ini menyajikan artikel-artikel dengan topik yang cukup beragam, dam hampir semua arikel tersebut merupakan hasil penelitian dan pengalaman praktis.



Artikel pertama karya dari Sri Rohyanti Zulaikha, Ari Sholihin, Marwiyah dan Labibah berkaitan dengan Implementasi Pengelolaan Digital Institutional Repository pada Perpustakaan PTKIN dan Dampaknya pada Terhadap Pemeringkatan di Webometrics. Selanjutnya, Artikel Kedua Oleh Agus Rifai, Ma Membahas Tentang Open Access’ Dan Wacana Pengembangan Perpustakaan Akademik Berkelanjutan. Artikel Ketiga membahas tentang Produktivitas Dosen Uin Syarif Hidayatullah Jakartapada Jurnal Terindeks Scopus: Suatu Kajian Bibliometrik oleh Nurul Hayati dan Lolytasari, sedangkan Artikel Keempat oleh Ulpah Andayani, M.Hum membahas tentang Penggunaan Software Turn It In Untuk Mendeteksi Tindakan Plagiarisme. Artikel Kelima dari Jamridafrizal,S,Ag.,S,S. M.Hum Membahas tentang Siapkah Pus­takawan Menghadapi Eradigital ?, Selanjutnya. Artikel yang keenam karya dari Zulfitri, S.Ag., MA menerangkan tentang Sumber-Sumber Informasi Elektronik Islami. Artikel Ketujuh membahas tentang Permenpan 9/2014 dan dinamika peran perpus-takaan perguruan tinggi di era digital oleh Faizuddin Harliansyah, MIM. Selanjutnya artikel yang ke delapan tentang Standar Kompetensi Pustakawan sebagai Instrumen Asesmen Jabatan Fungsional Pustakawan karya dari Amrullah Hasbana, MA. dan artikel yang terahir tenteang Asal-usul Dewey Decimal Classification: Melacak Pemikiran Melvil Dewey Dalam Organisasi Pengetahuan, karya dari Anis Masruri dan Khusnul Khotimah.

Informasi tersebut mungkin sebagain belum kalian tahu, kalian bisa baca artikel-artikel tersebut secara langsung melalui online dengan mengunjungi jurnal online milik UIN Jakarta. Diharapkan dengan kalian membaca jurnal secara keseluruhan ataupun artikel tertentu pada jurnal ini dapat menambah khazanah keilmuan bidang perpustakaan dan informasi, serta dapat meningkatkan wawasan khususnya kalian para pustakawan, dosen ilmu perpustakaan. 

Jurnal ini sebenarnya tidak hanya terbatas untuk kalangan pemerhati perpustakaan, namun juga dapat dibaca oleh siapapun orang yang tertarik dengan dunia kepustakaan Indonesia. Jadi kalian semua bisa menikmati membaca informasi ini buat sekedar menjadi informasi kalian. Ayo galakkan membaca, jadi manusia berwawasan luas dan menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan.


Sumber :
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah

Share This :

2 Comments

  1. Happy Tuesday para member setia ANAPOKER, oke gengs kali ini kami mau memberikan info promo terbaru kami yaitu PROMO AJAK TEMAN 10% DENGAN APLIKASI OVO, jadi untuk kalian yang mau mencoba bermain dan mengajak teman kalian semua kalian bisa mengajak sekarang juga dan dapatkan bonus nya serta kemenangannya hanya bersama ANAPOKER selaku agen poker online ternbaik Se-Indonesia, daftarkan teman anda sekarang juga dan mainkan permainan seru yang ada di dalam agen kami, *JOIN WITH FRIEND AND TAKE YOUR BONUS :D .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:

    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga :) :D

    BalasHapus

Posting Komentar