Sering Berwisata ke kebun binatang? Atau kolam renang? Atau malah ke mall? Pasti sudah biasa kan dan pastinya kalian kadang merasa bosan jika berkunjung ke tempat seperti itu terus-menerus.
Maka dari itu ayo berkunjung ke tempat unik namun mendidik. Kemungkinan di antara kalian ada yang belum tahu kalau di wilayah Jakarta ada lembaga khusus yang mengarsipkan film-film Indonesia. Lembaga ini bernama Sinematek Indonesia. 




Bagi kalian penggemar film, wajib datang ke tempat ini karena tentunya akan mendapat wawasan tersendiri mengenai bagaimana sebuah film disimpan, dan pastinya sejarah film yang ada di Indonesia. Sinematek Indonesia ini terletak di Jl. H.R. Rasuna Said Kuningan, kav. C-22, Jakarta Selatan. Gedung ini memiliki sebuah ruang penyimpanan khusus untuk film yang terletak di basement gedung.



Ruangan tersebut memiliki suhu antara 7 s/d 10 derajat celcius dan kelembaban antara 40-60% RH, pastinya film-film yang ada di ruangan tersebut terjaga dengan baik. Dalam kondisi tersebut film-film roll tersebut dapat dilestarikan sampai sekitar 50 tahun untuk film berwarna, 100 tahun untuk film hitam putih. Film-film yang ada di ruangan tersebut termuat dalam bentuk seluloid diameter 16 mm, 35 mm, dsb. Di ruangan ini pula kalian dapat melihat bagaimana petugas Sinematek Indonesia merawat film dengan cara membersihkan pita seluloid kemudian melakukan cek sambungan pada pita film. Selain itu terdapat pula koleksi film dalam bentuk kaset serta laser disc. Di samping ruang penyimpanan film, ada ruang untuk mengecek kondisi film. Di ruangan tersebut kalian dapat melihat beragam poster film dari berbagai zaman dan mesin editing film pada zaman dulu. Selain itu untuk keperluan film, sinematek menyediakan ruang Preview di basement dengan kapasitas 150-200 orang. 




Pada lantai 4 gedung ini terdapat kantor Sinematek Indonesia, ruangan administrasi, ruang kerja staff; ruang jerja direktur dan juga ruangan pemutaran film berkapasitas 30 orang. Pada lantai lima difungsikan khusus sebagai perpustakaan sekaligus tempat edukasi berisi berbagai informasi seputar dunia perfilman secara lengkap dari proses pembuatan hingga distribusi. Di perpustakaan Sinematek Indonesia kalian dapat melihat beragam kamera yang digunakan untuk membuat film dan kalian dapat juga membaca kliping ataupun buku yang terkait dengan sejarah film. Perpustakaan Sinematek Indonesia ini dibuka untuk umum setiap Senin hingga Jumat, mulai pukul 09:00 hingga 16:00 WIB. Layanan perpustakaan ini terbuka untuk umum dan terdapat fasilitas fotocopy karena koleksi yang disedialan tidak dapat dibawa pulang untuk dipinjam.

Share This :

2 Comments

  1. Itu bneran bisa nonton film?

    BalasHapus
  2. Happy Tuesday para member setia ANAPOKER, oke gengs kali ini kami mau memberikan info promo terbaru kami yaitu PROMO AJAK TEMAN 10% DENGAN APLIKASI OVO, jadi untuk kalian yang mau mencoba bermain dan mengajak teman kalian semua kalian bisa mengajak sekarang juga dan dapatkan bonus nya serta kemenangannya hanya bersama ANAPOKER selaku agen poker online ternbaik Se-Indonesia, daftarkan teman anda sekarang juga dan mainkan permainan seru yang ada di dalam agen kami, *JOIN WITH FRIEND AND TAKE YOUR BONUS :D .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:

    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga :) :D

    BalasHapus

Posting Komentar