Akhir pekan anda membosankan? Si kecil juga bosan ingin liburan? Jangan bingung. Sekarang sudah tersedia hiburan yang edukatif buat anak. Apalagi buat kalian yang tinggal di Jakarta wajib sekali berkunjung. Yuk
berkunjung ke Perpustakaan Nasional RI atau biasa disebut Perpusnah dan pula dikenal PNRI, liburan yang cocok banget buat sarana edukasi. Ayo galakkan membaca buku bagi si kecil untuk hindaru penggunaan gadget berlebih.

Seorang anak kecil tengah asik membaca

Perpusnas ini terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Untuk kalian yang ingin berkunjung dapat menaiki Transjakarta tujuan Pulo Gadung dan berhenti di Halte Balai Kota. Halte Balai Kota tepat berada di seberang gedung Perpusnas. Layanan anak ini berada di lantai tujuh Perpusnas. Di ruangan tersebut tersedia beragam koleksi buku anak, dan lagi anak pun dapat berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Ada yang unik dari ruang khusus anak ini dibanding dengan ruang lain yang ada di Perpusnas, ruang khusus anak ini mengharuskan para pemustaka untuk melepas alas kakinya sebelum memasuki ruangan tersebut dan pula disediakan rak sepatu unik yang berderet di luar ruangan. Kenapa seperti itu? Nah alasannya ini karena dalam ruangan tersebut dilapisi oleh karpet empuk dengan warna-warna cerah. Selain itu disediakan pula bantal duduk yang tentunya empuk dengan ukurannya mini menyesuaikan dengan postur anak-anak. Bantal duduk tersebut dapat digunakan anak untuk duduk atau bahkan tiduran.

Rak sepatu dan tempat peletakkan botol minum di luar ruangan

Karpet ceria dilengkapi bangku empuk dan mural di pilar ruangan

Penulis sebelumnya juga sudah berkunjung ke ruang khusus anak tepatnya pada hari Kamis, 1 November 2018. Menurut penulis koleksi buku anak yang ada pada ruangan tersebut cukup lengkap. Mulai dari ensiklopedia, buka bahasa bahkan sampai buku bertema agama. Semua buku tersebut sebagian besar dilengkapi gambar berwarna ceria yang menarik. Sayangnya karena banyak pemustaka yang datang, kondisi buku menjadi berantakan. Hal ini sangatlah disayangkan sebab banyak pula buku-buku yang rentan rusak apabila penempatannya berantakkan sehingga pustakawan pada ruangan tersebut sibuk dengan kegiatannya sendiri yaitu merapihkan bahan pustaka yang berantakan.

Rak koleksi buku di tengah ruangan

2 Pustakawan yang memakai baju batik sedang merapihkan buku


Selain tersedia koleksi bahan tercetak, anak-anak juga disuguhkan dengan gambat mural yang tergambat kisah dongeng dan fabel yang berwarna ceria. Di bagian kanan ruangan dari pinti masuk tersedia panggung kecil kemudian ada pula halaman luar ruang (taman bermain) yang dimaksud sebagai tempat bermain anak namun sayangnya saat penulis berkunjung ruangan tersebut sedang dalam masa perbaikan.

Mural ceria pada dinding

Panggung kecil di sudut ruangan

Taman bermain yang sedang dalam perbaikan

Layanan anak ini tidak dipungut biaya alias gratis sehingga anak-anak dapat bebas beraktivitas di ruangan tersebut. Ruang layanan anak ini berhadapan langsung dengan Ruang layanan lansia dan disabilitas. Perpusnas buka setiap hari, Senin s/d Kamis pukul 08.30 - 18.00 WIB, Jum'at pukul 09.00 - 18.00 WIB, dan Sabtu  s/d Minggu pukul 09.00 - 16.00 WIB. Jangan pernah datang ke Perpusnas pada hari besar Nasional karena tutup, tidak beroperasi. Ayo tunggu apalagi, manfaatkanlah hari liburmu dengan sesuatu yang bermanfaat.

Share This :

3 Comments

  1. Waww.. baru tahu ternyata ada ruang baca khusus anak kecil. Menarik banget warnanya lucu warna-warni gitu. Thx infonya..

    BalasHapus

Posting Komentar